Saturday, February 24, 2007

Proudly Present INKSCAPE


Bagi anda yg senang dengan dunia desain grafis pasti tidak asing lagi dengan CorelDraw, Freehand, atau Illustrator. Inkscape adalah editor vektor grafik Open Source, yang memiliki kemampuan setara Illustrator, Freehand, CorelDraw, atau Xara X menggunakan standar W3C dengan format file Scalable Vector Graphic (SVG). Fitur SVG yg didukung antara lain shapes, paths, text, markers, clones, alpha blending, transforms, gradients, patterns, dan grouping. Inkscape juga mendukung meta-data secara umum, node editing, layers, complex path operations, bitmap tacing, text-on-path, flowed text, direct XML editing, dan banyak lagi. dapat mengimpor kedalam beberapa format file bitmap seperti JPEG, PNG, TIFF dan lainnya. hasil ekspor PNG sebaik format file multiple vector-based.

Tujuan utama Inkscape adalah untuk membuat peralatan gambar (desain) yang powerful dan nyaman yang sepenuhnya mendukung format XML, SVG, dan standar CSS dengan basis pengembangan community-oriented. Hingga tulisan ini dibuat Inkscape telah mencapai versi stabil 0.45-1 yang tersedia untuk berbagai platform antara lain UNIX (UNIX clone), MacOS X, dan Windows. Bahkan Apple memasukkan Inkscape kedalam daftar download perangkat lunaknya http://www.apple.com/downloads/macosx/unix_open_source/inkscape.html.

Penggunaannya sangat mudah semudah menggunakan vector based editor yg lain, tulisan saya berikutnya akan membahas bagaimana pengunaan perangkat lunak ini. c u next....

No comments: