Monday, February 26, 2007

Basic Inkscape

Sebagaimana disampaikan pada tulisan sebelumnya bahwa penggunaan inkscape ini sangat mudah. Berikut penjelasannya:

Membuat dan Mengatur Dokumen
Untuk membuat dokumen kosong, gunakan menu File>New atau tombol Ctrl+N. Untuk membuka dokumen SVG yg ada gunakan menu File>Open (Ctrl+O). Untuk menyimpan dokumen, gunakan menu File>Save (Ctrl+S), atau simpan sebagai (Save As) gunakan Ctrl+Shift+S utk menyimpan dengan nama baru.
Inskscape menggunakan format file SVG (Scalable Vector Graphic). SVG adalah standar terbuka yg banyak didukung oleh perangkat lunak pengolah grafik. File SVG berbasis XML dan bisa diedit menggunakan editor text atau XML. Disamping SVG, Inkscape dapat mengimpor atau ekspor kedalam beberapa format lain (EPS,PNG).
Inkscape akan membuka jendela yg berbeda utk tiap-tiap dokumen. Anda dapat berpindah-pindah antar dokumen menggunakan ALT+Tab, atau gunakan shortcut Ctrl+Tab yg disediakan oleh Inkscape.

Menggulung Canvas

ada beberapa cara untuk menggulung(pan)canvas pada lembar kerja inkscape. Gunakan tombol Ctrl+Panah utk menggulung layar dgn keyboard. Bisa juga melakukan drag pada canvas dengan menggunakan tombol tengah mouse. Atau, anda bisa menggunakan scrollbar (tekan tombol Ctrl+B utk menampakkan/ menyembunyikannya). Bola pada mouse juga dapat berfungsi utk menggulung secara vertikal; bila ingin menggulung secara horizontal tekan pula tombol Shift.

Zooming

cara termudah utk melakukan pembesaran objek adalah dengan tombol – dan + (atau =). anda juga bisa menggunakan Ctrl+klik tombol tengah mouse atau Ctrl+klik kanan utk pembesaran objek, Shift+klik tombol tengah mouse atau Shift+klik kanan utk mengecilkan.atau anda dapat menggunakan zoom entry field (area isian disisi kanan bawah jendela inkscape), isikan nilai yg diinginkan dlm persen, kemudian tekan enter. Ada juga tool zoom yg ada di toolbar dlm beberapa pilihan mode.
Inkscape juga menyimpan history zoom level yg telah digunakan pada sesi yg bersangkutan. Gunakan tombol ' utk kembali ke level zoom sebelumnya dan sebaliknya gunakan tombol Shift+'.

Tool Inkscape

Toolbar vertikal disisi kiri adalah tool drawing dan editing. Dibagian atas jendela dibawah menu ada comand bar dengan tombol command yg umum digunakan dan dibawahnya adalah tool control bar yg digunakan utk melakukan control spesifik tiap-tiap tool. Status bar yang ada dijendela paling bawah menampilkan informasi yg berguna ketika kita bekerja.

No comments: