Saturday, February 10, 2007

Linux di Hollywood

kepada semua pecinta linux, jangan malu untuk menggunakan teknologi linux, karena sekarng linux sudah digunakan di berbagai belahan dunia dan untuk kegunaan yg beragam. From zero to hero, mungkin itu kalimat yg tepat untuk menjelaskan semuanya. si pinguin ini jadi bintang di hollywood.
Disney/Pixar, Dreamworks Animation, sony, ILM dan rumah produksi film yg lain di hollywood menggunakan Linux dalam pembuatan filmnya.
Sebenarnya dilapangan setiap film blockbuster yg kita tonton di bioskop saat ini dibuat menggunakan Linux. Hollywood memilih menggunakan Linux disamping OS lain seperti Windows dan Macintosh karena tiga alasan: Linux lebih bagus, lebih cepat dan lebih murah.
Hollywood menganggap linux sebagai sebuah nilai seni, dan 95% desktop dan server rumah produksi yang notabene menggunakan budget tinggi dalam pembuatan filmnya, seperti Sony dan Disney/Pixar, berbasis OS Linux untuk membuat special effect dan animasi. mungkin ada yg bilang ini pasti tidak benar, mereka menggunakan perangkat lunak Mac OS X. tapi memang demikianlah, Linux digunakan untuk merender CGI film-film blockbuster yg ditayangkan di bioskop-bioskop dan memang lebih cepat daripada OS lain.
Film Scooby Doo sebagai contoh, dibuat di studio Rythm and Hues dimana semua bagian difilm itu dirender dan diberi sentuhan akhir dengan perangkat lunak yg berjalan di sistem Linux. Film bockbuster yg lain seperti The Matrix, Titanic, Gladiator, Superman Returns, What Dreams May Come, Cats and Dogs, Shrek, The Perfect Storm, Prince of Egypt, The Road to El Dorado, Antz, Chicken Run, Deep Blue Sea, Star Trek: Insurrection, Fantasia 2000, Men In Black, HollowMan, dan banyak lagi lainnya yang dibuat menggunakan perangkat lunak yg berjalan di sistem Linux seperti RAYZ, Maya dan Shake. Jangan berpikir bahwa perangkat lunak tersebut free, karena kebanyakan harga aplikasi tersebut dikisaran $8.000 -$15.000 bahkan lebih.
itulah mengapa saya sangat menganjurkan anda menggunakan Linux pada Desktop dan Server. jadi apakah anda sudah membuat keputusan?

1 comment:

Anggy said...

btw hollywood pakenya linux apa ya, pak? mksh bgt infonya