Tuesday, February 13, 2007

Kerjasama Canonical Dan Linspire

Pada tanggal 8 February 2007 Canonical Ltd. dan Linspire, Inc. mengumumkan rencana kerjasama teknologi yang akan mengintegrasikan teknologi yang dimiliki oleh kedua perusahaan tersebut.
Linspire akan berpindah dari Debian ke Ubuntu sebagai dasar dari sistem operasi yang mereka miliki, Linspire dan Freespire. Hal ini berarti bahwa pengguna Linspire akan mendapatkan keuntungan dari kecepatan pergerakan waktu pengembangan dan kemudahan pada penggunaan yang telah dimiliki oleh Ubuntu. Komunitas Freespire akan mulai dapat menikmati rilis awal dari Freespire 2.0 yang sudah berbasis dari Ubuntu pada kwartal pertama 2007, sementara untuk rilis akhirnya diharapkan dapat dinikmati pada kwartal kedua 2007, mengikuti rilis dari Ubuntu 7.04 yang akan dirilis pada bulan April 2007.
"Ubuntu is the most successful community-based Linux project to date," said Kevin Carmony, CEO of Linspire. "They have done a fantastic job with the development community and creating tools for utilizing their technology. It made a tremendous amount of sense to partner with Canonical and begin basing our desktop Linux offerings on Ubuntu."
Sebagai bagian dari kerjasama ini, pengguna Ubuntu akan memperoleh akses ke CNR (Click And Run), teknologi e-commerce dan pengiriman perangkat lunak yang dimiliki oleh Linspire. Baru-baru ini Linspire mengumumkan rencana untuk membuka teknologi CNR mereka agar tersedia di distribusi Linux lainnya selain dari distribusi yang mereka miliki sendiri, Linspire dan Freespire. Dengan adanya kerjasama ini berarti Ubuntu akan menjadi distribusi pertama yang akan menikmati teknologi CNR ini.
"The very nature of Free Software development is based on sharing and collaboration," commented Mark Shuttleworth, founder of Ubuntu, "The less time, energy and resources Canonical and Linspire spend duplicating efforts, the more time we'll all have for unique improvements and innovation. We're pleased to see another key Linux distribution incorporating our work with Ubuntu."
Dengan teknologi CNR maka pengguna Ubuntu akan mendapatkan akses mudah ke berbagai pilihan aplikasi komersial, multimedia support dan games yang tersedia didalam CNR sebagai alternatif aplikasi-aplikasi yang tersedia dalam repositori Ubuntu sendiri.
Untuk informasi tambahan mengenai kerjasama ini silakan lihat bagian FAQ pada http://www.linspire.com/ubuntupartnership.

No comments: