Saturday, May 10, 2008

Puppylinux 4.00


Beberapa waktu yang lalu puppylinux-4.0 telah dirilis oleh barry kauler sang maintainer yang asal Australia. Puppylinux yang asli dikembangkan di negeri kanguru tersebut sejak versi 3.00 kompatibel dengan slackware 12. Jadi bagi anda yang menginginkan aplikasi tambahan dapat menggunakan paket-paket slackware. Namun bukan berarti ia berbasiskan slackware (turunan slackware), karena ia dikembangkan berdasarkan release sebelumnya yang memang dibuat secara mandiri menggunakan utility T2-Porject. Hanya saja beberapa paket system disesuaikan dengan slackware sehingga kompatibel dengannya.
Bagaimana dengan versi 4.0, apa saja perbaikan dan kelebihan yg ditawarkan? anda bisa mendapatkannya disini. Pada release ini seluruhnya telah menggunakan basis system GTK-2 dan tidak lagi menggunakan GTK-1 dan Tcl/Tk. Hal ini untuk menjaga konsistensi user inteface dan tentunya mengurangi ukuran iso image.
Dalam percobaan penulis bootupnya terasa lebih cepat, masih menggunakan JWM window manager dan ROX-Filler sebagai file manager. di versi teranyar ini Puppy menggunakan aplikasi-aplikasi GTK2 semacam Fotox (image viewer), Gwhere (disk catalogger), Prename (batch file renamer), gFnRename (batch file renamer), Pfind (file search), Pprocess (process manager), Chtheme (GTK theme chooser), Pidgin (multiprotocol chat client), Gadm-Rsync (GUI for rsync), Wireless Autoconnect, Gtkam (digital camera interface), Xsane (scanner interface), ePDFView (PDF viewer), Pschedule (cron GUI), Osmo (personal organiser), Pcdripper (audio CD ripper), RipOff (audio CD ripper), mhWaveEdit (audio editor), Pburn (CD/DVD burner), MTR (traceroute), Pnethood (Samba client), Pwireless (wireless scanner) dan banyak lagi.
Untuk menginstall aplikasi tambahan menggunakan PETget yang sangat memudahkan. Menurut pembuatnya (belum saya coba), rilis kali ini mendukung penu utk scanner, camera, dan printing karena driver telah built-in. Untuk multimedia berfungsi dengan baik. Berbagai format audio dan video dapat dimainkan dengan mulus.
Untuk melihat review beberapa distro mini linux anda bisa melihat referensi berikut :
http://www.tuxmachines.org/node/26480

No comments: