Tuesday, January 15, 2008

Kubuntu-KDE4.0

Kubuntu merupakan operating system varian dari ubuntu yang berbasis KDE, K Desktop Environment.
splash screen KDE 4.0
Pagi ini saya mencicipi KDE 4.0 yang terdapat di Kubuntu unofficial release LiveCD yg semalem dapet dari download. luarbiasa... performanya lebih kenceng. Menurut keterangan yg saya dapat KDE4 dgn dekstop baru plasma memakai pustaka QT 4 menjadikannya lebih ringan, performa 25% lebih cepat daripada kde3.x, dan tampilannya lebih intuitif (mirip vista). KDE 4.0 dibuat sebagai sebuah desktop yang benar-benar baru, berbeda dibandingkan versi sebelumnya.
Kicker (start menu di windows) memiliki beberapa sub menu berdasarkan lima kategori sebagaimana gambar berikut :Beberapa fitur baru yang disematkan dalam KDE 4.0 adalah Dolphin, sebuah desktop file manager pengganti Konqueror. Namun Konqueror secara default tetap sebagai web browser. Dolphin sebagai file manager baru tangkas melakukan tugas manajemen dan administrasi file. Dolphin terinspirasi oleh file manager mac yaitu, Finder, ditambah dengan Oxygen Theme sehingga tampilannya menjadi sangat cantik.
Perbaikan lainnya adalah Phonon (multimedia framework), Okular (document viewer yang mendukung OpenUsability) , dan Gwenview (image viewer). Sedangkan Konsole terminal menawarkan kemampuan split view sehingga mirip Midnight Commander.
Untuk melakukan instalasi ke harddisk, anda hanya memerlukan 6 langkah mudah. klik icon installer disisi pojok kiri atas desktop lalu ikuti beberapa langkah berikut:
  1. pilih bahasa yang akan digunakan, default English
  2. pilih regional setting mis:Jakarta, indonesia
  3. masukkan identitas diri: nama user, password, nama komputer.
  4. pilih partisi, ada dua pilihan a. use entire disk (default) b. manual. hati-hati pada langkah ini jika tidak mau kehilangan data anda.
  5. pilih jenis keyboard. default US-qwerty.
  6. klik install.
tunggulah prosesnya hingga selesai, lalu reboot.

Jika anda ingin mencoba silakan dapatkan file iso-nya di sini download the live CD (554MB), atau mirror lokal disini .

No comments: